Saturday, October 02, 2010

Check Kecepatan Internet dengan Speedtest

Berapakah kecepatan internet kita? Kita bisa melihatnya di situs speedtest. Speedtest melakukan pengetesan terhadap kecepatan download, kecepatan upload dan ping. Speedtest dilakukan dengan mengirimkan data dari satu titik (nomer internet protokol kita) terhadap satu titik host referensi yang ditentukan speedtest. Sejumlah kecil data dikirimkan dari tempat kita ke host, nanti akan dilihat seberapa cepat kecepatan upload, kecepatan dwonload, dan berapa lama waktu yang diputuhkan oleh sejumlah data tersebut untuk kembali. Prinsipnya mirip dengan sonar untuk mengukur kedalaman laut. Berikut preview dan hasil dari speedtest yang aku lakukan terhadap koneksi internet di tempatku. Kebetulan aku menggunakan Telkomsel Flash Unlimited , Basic Corporate Pakcage pada saat kuota 1 GB belum habis.

Kita tinggal klik begin test, kemudian kita tunggu sampai testnya selesai. Nanti kita akan mendapatkan hasil seperti ini:

Jadi diperoleh Speed Download 0.88 Mbps, speed upload 0.12 Mbps dan waktu Ping 163 ms. Untuk ukuran Telkomflash ukuran speed ini masih cukup bagus, karena saat quota 1 GB habis maka speed bisa turun sampai 5 kbps.

-demikian sekilas info remeh hari ini-

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP