Friday, October 01, 2010

Cara Mengecheck Sisa Fair Usage Telkomflash Unlimited

Penasaran dengan bagaimana cara mengechek sisa fair usage dari Telkomflash Unlimited? Telkomsel biasanya memberikan notifikasi berupa SMS saat sisa fair usage kita tinggal 20%, dan ada notifikasi lagi saat kuota fair usage-nya habis. Kalau kita ingin mengetahui saat ini sisa fair usage kita tinggal berapa dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan isi UL INFO (UL spasi INFO) ke ke 3636. Nanti tidak beberapa lama akan ada balasan dari 3636 berapa MB sisa fair usage kita dan berlaku sampai kapan.
Entah kenapa info remeh ini susah sekali diinternet. Dari Googling kebeberapa tempat, tetap tidak ketemu. Akhirnya tadi saya telepon ke Caroline HALO Corporate di 111, dan mendapatkan penjelasan seperti itu dari customer servicenya. Selain itu dapat info kalau untuk paket Corporate Basic speednya maksimal sampa 1 Mbps dengan fair usage 1 GB (Rp 125.000), dan menggunakan prioritas network 3. Untuk Corporate Advance speednya maksimal 7.2 Mbps dengan fair usage 2GB dan menggunakan pirotitas newtwork 2 (Rp.200.000). Sedangaka paket yang Corporate Pro speednya maksimal mencapai 7.2 MBps dengan fair usage 4GB (Rp.375.000).
Cuma rada penasaran juga dengan cara pengechekan data yang kita


gunakan untuk berinternet secara manual. Kalau dari LAN setting, kita bisa tahu berapa lama kita terhubung dengan internet, dan berapa data yang kita kirim dan kita terima. Seperti pada gambar dibawah. Tapi kita bakalan kesulitan untuk mengetahui pemakain kita selama periode tertentu, karena ini hanya merecord data selama kita terhubung ke internet dalam satu sesi koneksi. Jika besok kita connect lagi ke internet maka sesi yang kemarin tidak bisa lihat, kecuali kita mau mencatat penggunaan data setiap sesi kita berinternet. Ribet sekali.
Cara lain adalah menggunakan software dari modem yang kita gunakan. Aku menggunakan modem Option Icon 255. Bawaan dari USB modemnya adalah Globe Trotter Connect. Tapi sayang sotware ini tidak menyediakan tools untuk connection history.
Akhirnya aku menggunakan software Globe Trotter Mobliity Manager yang aku download dari satu situs (tapi lupa link-nya). Disini ada tools untuk melihat record jumlah kb pemakain data kita selama berinternet, asalkan pada waktu akan mengakhiri sesi internet, program Globe Trotter Mobility Manager ini ditutup dengan benar, yaitu melalui menu File dan exit.
Berikut tampilannya saat kita meng-klik tools kemudian pilih Connection History:
Semestinya tiap modem mempunyai software untuk mengechek pemakain data internet kita.

-demikian info remeh hari ini-

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP